Kamis, 13 September 2012

Latihan_02_36110046


Deskripsi & Prosedur Form Latihan_02_36110046

Deskripsi Form Latihan_02_36110046

Gambar (1)

Form Latihan 02 terdapat tiga object, yaitu label, textbox, dan button.
Object Label
Terdapat 9 objek label (seperti yang terlihat pada gambar di atas)
Object Textbox
Terdapat 9 objek textbox (1 diantaranya menggunakan menggunakan fungsi read-only dan scrollbar)
Object Button
Terdapat 2 objek button. Button Kisahku digunakan untuk menggabung isi pada textbox yang diketik sehingga membentuk sebuah cerita, sebagai berikut:

“Nama saya adalah (Nama Saya), saya adalah cowok/cewek berusia 20 Tahun, sekarang ini saya tinggal di (Alamat Sekarang). Orang tua saya bernama (Nama Ayah) dan (Nama Ibu), mereka berdua mengharapkan saya untuk tetap belajar keras demi masa depan yang lebih baik. Saya telah mengenyam pendidikan selama puluhan tahun mulai dari sekolah dasar hingga di Politeknik, selama mengenyam pendidikan tersebut saya memiliki beberapa teman terbaik. Di sekolah dasar saya memiliki teman yang sangat baik bernama (Teman Terbaik di SD), setelah lulus di sekolah dasar (Teman Terbaik di SD) melanjutkan pendidikan di sekolah yang berbeda dengan saya, saya melanjutkan pendidikan di SLTP Favorit dan (Teman Terbaik di SD) pindah ke Jakarta. Di SLTP tempat saya belajar terdapat teman yang selalu membantu memberi saya semangat hingga saya lulus sama-sama di sekolah, namanya adalah (Teman Terbaik di SLTP). Setelah selesai di SLTP kami sama-melanjutkan di sebuah SLTA, namun ketika di SLTA si (Teman Terbaik di SLTP) memilih Jurusan IPA dan saya sendiri di jurusan IPS, di kelas saya terdapat seorang perempuan yang sangat pintar dan orangnya baik pada saya namanya adalah (Teman Terbaik di SLTA), dia tidak pernah tidak menduduki peringkat I. Di Politeknik juga ada teman baik mesti tidak satu kelas dengan saya, namanya ialah (Teman di Politeknik). Hingga semester ini saya masih berteman baik dengan si (Teman di Politeknik).”

Sedangkan tombol Sekian digunakan untuk mengosongkan isi pada semua textbox.
Script Unique
Menggabung isi dari beberapa textbox dan juga teks biasa dalam satu textbox
Cerita.text= “nama saya adalah “ & namasaya.text & “, saya adalah ....”
Mengosongkan isi textbox
Textbox1.text= “”
Event
ButtonClick
Property
Propertybox => ReadOnly = True
                     => Scrollbar = Vertical

Prosedur Form Latihan_02_36110046


Langkah-langkah mengerjakan Latihan 2, sbb:
1.    Buka Ms. Visual Studio
2.    Klik Create Project
3.    Ketik nama file yang ingin disimpan
4.    Akan terbuka jendela pekerjaan Ms. Visual Studio
5.    Design form dengan menggunakan tools pada toolbox
 Gambar (2)
6.    Buat text pada form dengan menggunakan label, al:
a.    “CERITAKU YANG MENARIK”
b.    “Nama Saya”
c.     “Alamat Sekarang”
d.    “Nama Ayah”
e.    “Nama Ibu”
f.     “Teman Terbaik di SD”
g.    “Teman Terbaik di SLTP”
h.    “Teman Terbaik di SLTA”
i.      “Teman Terbaik di Politeknik”
7.    Buat kolom sesuai dengan design pada latihan 2 dengan textbox, kolom sebanyak 9
a.    Kolom 1 diberi nama “NAMA_36110046”
b.    Kolom 2 diberi nama “AL_36110046”
c.     Kolom 3 diberi nama “NA_36110046”
d.    Kolom 4 diberi nama “NI_36110046”
e.    Kolom 5 diberi nama “TSD_36110046”
f.     Kolom 6 diberi nama “TSLTP_36110046”
g.    Kolom 7 diberi nama “TSLTA_36110046”
h.    Kolom 8 diberi nama “TPOLI_36110046”
i.      Kolom 9 diberi nama “BOX_36110046”. Pada textbox ini, pilih jendela properties. Apabila jendela properties tidak muncul, lakukan langkah view => properties window. Lalu, cari scrollbars pada properties dan ubah menjadi  vertical.
Gambar (3)
8.    Buat  tombol sesuai dengan design pada latihan 2 dengan button
a.    Button 1 berisi tulisan “Kisahku”
b.    Button 2 berisi tulisan “Sekian”
9.    Setelah design sudah bagus, saatnya untuk membuat script
10.   Buat sript dengan mengklik dua kali pada button Kisahku
11.   Jendela script akan muncul. Lalu ketik script, sbb:
Gambar (4)
12.   Selanjutnya kembali ke jendela form dan klik dua kali pada button Sekian
13.   Jendela script akan muncul. Lalu ketik script, sbb:
Gambar (5)
14.   Silahkan jalankan program anda. Wassalam.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar